Keliling Bangkok Art and Culture Centre (BACC)

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Temen saya kali ini ada yang Coffee lovers yang juga merupakan salah satu pemilik coffee shop di Pekanbaru, jadi mereka sudah list tempat minum kopi yang bakalan mereka kunjungi. Kebetulan salah satunya adalah di Gedung Bangkok Art and Culture Centre (BACC) tepat di sekitar tangga naik ke BTS National Stadium . Karena saya dan dua lainnya kurang berminat untuk ngopi, kita putuskan untuk keliling gedung BACC.

Awalnya saya kira gedung ini salah satu mall yang ada di Bangkok. Pertama masuk di sebelah kanan langsung disambut sama cafe. Di Lobi nya lagi ada pameran lukisan, ya saya kira kaya pameran biasa di mall-mall. Masuknya juga free.

 

Lobi
Lobi

 

Lobi dilihat dari atas
Lobi dilihat dari atas

Saya langsung naik ke lantai dua, entah dipajang sementara atau memang permanen, di lantai ini banyak sekali koleksi foto instagram. Temanya hampir semua ungu, dan foto-foto sang Raja. Dari beberapa foto yang saya amati, sepertinya mereka memperingati ulang tahun Raja (atau Ratu ya? soalnya Cewek sih yang sekarang).

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Banyak toko-toko cantik disini. Mereka total banget design tempatnya, meskipun kecil jadi tetap nyaman. Mata saya menangkap tulisan harga di cafe-cafe, nemu Ice Thai Tea kesukaan saya, harganya 40Baht (16400)  dan kita putuskan untuk nongkrong dulu. Lebih mahal sekitar 10-25 baht sih dibandingkan thai tea di pinggir-pinggir jalan, bedanya ini less ice more thai tea hehe . Tapi worth it lah untuk bayar kenyamanannya.

om, beli ice thai tea nya yah
om, beli ice thai tea nya yah, sekalian numpang poto

 

jajaran cafe lainnya. Numpang foto doang ini sih ya hehe
jajaran cafe lainnya. Numpang foto doang ini sih ya hehe
window shopping
window shopping

Di Lantai tiga dan empat selain ada open session buat bikin lukisan bunga-bunga, juga banyak toko handycraft yang super lucu! Saya tipe nya suka beli yang lucu dan unik meskipun kadang gak tau mau dipakai buat apa, untung disini bisa nahan diri.  Untuk memuaskan diri saya banyakin foto-foto biar banyak stok buat di upadate, nah!

 

This is what we do!

Ini surganya buat pecinta Seni deh, saya aja yang gak begitu mengerti sama lukisan dan ukiran seneng ada disini. Konsepnya dibuat senyaman mungkin dan se anak-muda banget kali ya. Dilantai lima eh saya lupa sebenarnya hitungan lantainya ada berapa ini. Haha adalah koleksi Lukisan-Lukisan para seniman. Ada spot-spot tertentu yang gak boleh di foto! Disini jadi serem, seolah-seolah lukisan-lukisan ini pada ngomong sama saya ditambah lagi suasana BACC yang hening dan lumayan sepi waktu itu. Ketika sudah sampai di daerah bebas foto-foto, ya kita ribut lagi.  Hehe.. ssst..sebelum kesini jangan lupa buang air ya, yang gak terbiasa buang air cucinya pakai tisu, waspadalah!

Pembangunan BACC ini ternyata merupakan perjuangan seniman thailand. Awalnya mereka merasa kurangnya perhatian dari pemerintah terhadap kesenian. Mulailah mereka pasang aksi. Aksinya sudah dimulai sejak 1995 loh, dan akhirnya berdiri lah BACC dan diresmikan tahun 2008! Ya, tiada hasil yang maskimal tanpa usaha dan adanya proses *ngomong ke diri sendiri.

BACC ini dibangun khusus untuk menjadi pusat kegiatan-kegiatan seni. Mulai dari tempat berkumpulnya para seniman sampai sebagai tempat pengembangan keberagaman seni dan budaya diantara anak-anak muda Thailand khususnya. Biar menarik untuk dikunjungi, makanya kali ya banyak cafe, toko buku, perpustakaan seni, toko-toko yang dibuat sekreatif mungkin.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

SAMSUNG CAMERA PICTURES

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Mostly photos taken by kudit. Bangkok, Mei 2015

Leave a Reply

