Makan enak dan hemat di Su Ail Kenari Tomyam, Penang

Saya bukan foodie yang suka nyobain makanan macem-macem kalau lagi traveling. Jadi bisa dibilang selama perjalanan saya selama ini, saya gak pernah terlalu meluangkan waktu untuk browsing mengenai makanan-makanan yang wajib dicicipi. Ada kok cari-cari referensi, tapi ya seala-kadarnya saja. Makanya jarang banget saya bisa rekomendasikan makanan yang harus dicicipi. Karena saya juga yakin sih diluar sana udah banyak foodie yang share makanan enak kalau kalian cari. Hehe

Kalau saya mau makan, ya paling cari on the spot aja. Cari apa yang saat itu pengen dimakan. Gak jarang juga sih saya melewatkan jam makan siang karena bingung mau makan apa. Hal ini juga jadi salah satu pemicu saya dan masadit berdebat.

“Makan apa ya enaknya?’’

“Aku sih terserah aja,’’

“ih kita kan udah janji tiada terserah antara kita.’’

“Nasi lemak?’’

“Aku gak suka nasi lemak, yang pas di KL rasanya kayak…i lost my words deh pokoknya.’’

“Apa ya, makan canai?”

“Gak kenyang nanti kita, bang adit kan perlu banyak energi, cowok makan nya banyak lho,”

“Kari?”

“Gak pengen..”

Suasana mendadak hening.

“Jadi makan di mana kita bang?” saya masih bertanya. Iya saya tahu, saya menyebalkan. haha

Masadit menghela napas dan menatap saya.

“Yaudah, kita jalan aja yuk, lihat yang mana yang rame,  kita coba aja,” saya pun menyarankan.

“Harusnya ini kalimat yang kita lontarkan, ya, 30 minutes ago.” Ngomongnya galak, tapi tangan saya di genggam juga.

Itu kalau saya dan masadit jalan berdua aja. Kebetulan perjalanan kita kali ini lagi ramai. Ada 5 orang. Sebenarnya sama susahnya sih menetukan mau makan apa. Makin banyak kepala seharusnya makin banyak kemauan yang harus diikuti kan. Cuma karena saya dan teman-teman lain percaya sama salah seorang teman kita, yaudah, makan malam di Penang kali ini kita pustuskan dalam sekejap sesuai dengan tunjuk jari nya. Sambil jalan-jalan, terpilih lah salah satu tempat yang tampak luar lumayan rame.

20150525_201002
Tampak Depan Su Ail Kenari Tomyam
?
Maaf, kayanya saya gemetaran waktu pesan tomyam, jadi fotonya gak fokus

Saya gak pernah makan tomyam sebelumnya. Beneran. Karena iming-iming cerita tomyam itu enak, jadilah saya pesen juga satu porsi tomyam. Dan segelas es jeruk nipis. Masih was-was juga nunggu pesanan datang. Sehari-harinya saya jarang makan seafood. Jarang bukan berarti gak bisa makan lho ya. Saya bisa kok makan udang, cumi, cuma biasanya dalam bentuk goreng. Goreng balado.

A bowl of Tomyam was served in front of me. Asap nya masih menggepul. Pas banget menemani malam dingin penang malam itu. Kalau dilihat kasat mata, tomyam ini seperti asam pedas ikan yang biasanya mama saya masak. Cuma warnanya gak terlalu pekat. Karena lapar, saya langsung cicip kuah tomyam nya. INI ENAK! Segerrrr! Saya gak nolak disuguhi semangkok lagi. Kemana aja saya selama ini gak pernah cicipin tomyam. Saya merasa sedih saat itu. Sejak perkenalan di Penang, kembalinya saya ke Pekanbaru saya (sebisanya) terus mencicipi sajian tomyam yang ditawarkan ketika saya makan di luar. Sampai sekarang belum ada yang seenak TOMYAM di SU AIL KENARI Penang ini. Masak harus ke Penang tiap saya mau makan Tomyam 😦

Ngomong soal pelayanan, pas dapet pramusaji yang ramah, murah senyum. Harga juga masih bisa ditoleransi untuk yang jalan-jalan hemat, around 3RM – 6RM. Kami pun langsung melabeli Su Ail Kenari ini sebagai must visit place kalau ke Penang lagi.

Bahagia, karena makan enak!
Bahagia, karena makan enak!

Silahkan mampir ke  Lebuh Chulia, untuk menikmati Tomyam pertama dalam hidup saya! Hahah. Worth to try, bahkan masadit yang seorang picky eater aja menikmati Tomyam yang saya pesan (Masadit waktu itu pesen kwetiau goreng, enak juga kok, tapi kalau kwetiau sebelumnya saya juga udah pernah cicip).

.

.

.

.

Nyariin foto Tomyam nya ya? saya baru sadar saya belum sempet foto. haha

 

 

 

2 thoughts on “Makan enak dan hemat di Su Ail Kenari Tomyam, Penang

Leave a Reply

