Pengalaman Membuat Kartu BPJS Kesehatan Mandiri

Saya sebelumnya gak pernah pusing masalah asuransi kesehatan karena masih bergantung dari asuransi kesehatan orang tua yang dibayarkan sama perusahaan tempat orangtua bekerja. Namun karena sudah melewati batas usia pertanggungan perusahaan, yaitu 21 tahun, status keanggotaan saya otomatis sudah gak aktif. Sampai akhirnya saya harus membayar sendiri tagihan biaya perawatan saat saya Keguguran. Saya langsung bertekad untuk mengaktifkan lagi asuransi kesehatan saya.

Setelah saya tanyakan ke BPJS Kesehatan di Kota Pekanbaru, saya disuruh untuk bikin baru lagi. Sembari bertanya bagaimana prosesnya jika domisili saya gak sesuai dengan KTP. Satpamnya bilang, bawa aja surat domisili dari RT setempat. Saat mengurus surat domisili memang gak ada aturan sih berapa biaya yang dikeluarkan, tapi saat ditanya berapa biayanya, Pak RT ataupun Pak RW gak bilang, GRATIS, tapi bilang seikhlasnya aja mau dikasih berapa. Yaudah masadit akhirnya mengeluarkan duit 20,000 untuk 2 tanda tanda disurat tersebut.

Seminggu kemudian saya dan masadit baru sempat mengurus ke BPJS Cabang Pekanbaru yang ada di Jl. Sudirman. Saya tiba pukul 07.30 dan di dalam sudah ramai yang duduk menunggu pelayanan buka. Pelayanan buka pukul 08.00 wib, dan mereka ontime lho 🙂 Saya dapat antrian A29. Sambil nunggu saya deg degan, berkas saya diterima gak ya, karena berpikir untuk melengkapi berkas lagi dan meluangkan waktu untuk menunggu lagi udah capek duluan hehe.

Nomor antrian
Antrian untuk ambil kartu

Ternyata gak seribet yang saya pikirkan kok, pukul 08.00 WIB pelayanan buka, pukul 09.30 wib saya udah di proses. Saya dikasih bukti penyerahan berkas yang digunakan untuk mengambil nomor Virtual Account keesokan harinya di Pos Satpam. Besoknya saya ambil nomor Virtual Account lanjut membayar sesuai dengan nomor VA tersebut dan jumlah iuran yang sudah saya pilih. Hal terakhir adalah mengambil kartu BPJS Kesehatan, bawa saja bukti pembayaran iuran dan minta nomor antrian ke Satpam, khuhus untuk mengambil Kartu. Saya datang jam 10.00 WIB, dan hanya menunggu 2 nomor antrian di depan saya, gak nunggu lama, saya sudah dapatkan kartu BPJS Kesehatan saya!

Setelah sampai parkiran saya baru cek, ternyata nama yang tertera di kartu BPJS Kesehatan beda sama di KTP saya, ada beberapa huruf yang kurang, saaat saya tanyakan ke Satpam, saya diarahkan langsung saja menemui CS yang tadi mengurus kartu tanpa mengantri. Saat saat saya sampaikan keluhan saya, kartunya langsung diganti dan langsung jadi saat itu juga.

Biar gampang, di bawah ini akan saya list syarat dan alur bagaimana mengurus BPJS Kesehatan mandiri ya, mudah-mudahan bisa membantu ^^

SYARAT MENGURUS BPJS MANDIRI

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi KK
  • Fotokopi Buku Tabungan
  • Surat Domisili dari RT/RW setempat (Jika alamat domisili berbeda dengan alamat KTP)
  • Formulir pendaftaran (bisa diminta sama satpam BPJS Kesehatan)

 

ALUR PENGURUSAN KARTU BPJS Kesehatan Mandiri

  1. Minta Formulir Pendaftaran ke Satpam, sampaikan keinginan/kondisi kita agar dapat formulir yang tepat. Soalnya ada beberapa macam formulir
  2. Lengkapi syarat yang diminta (saya nanya lagi sama satpamnya apa-apa aja syaratnya, buat mastiin, takutnya berbeda sama yang saya baca diinternet)
  3. Isi formulir dan minta nomor antrian
  4. Setelah berkas di cek dan disetujui, kita akan diberikan tanda bukti penyerahan berkas yang berguna untuk ditukarkan dengan Virtual Account pembayaran keesokan harinya sesuai dengan kelas yang sudah kita pilih
  5. Saya disuruh ke Kantor BPJS Kesehatan pukul 10.00 WIB dan menemui satpam untuk mengambil Virtual Account Pembayaran saya (bisa diwakilin kok, asal bawa bukti penyerahan berkas yang sudah diberikan CS)
  6. Membayar iuran sesuai dengan Virtual Account pembayaran
  7. Lalu membawa bukti pembayaran ke BPJS Kesehatan untuk mengambil Kartu BPJS Kesehatan (tenang, antrian berbeda dengan antrian pembuatan kartu atau komplain)

 

berbekal syarat di atas, saya berhasil terdaftar (lagi) sebagai pengguna BPJS Kesehatan ^^

 

Leave a Reply

